Artikel Kejujuran

Image

Putri Pak Sudartono naik KA dari Stasiun Kota ke Stasiun Cikini, sekitar pkl. 17.00 WIB, hari Rabu (18/1). Ketika turun di Stasiun Cikini, barulah ia sadar dompetnya tadi jatuh di dalam KA. Putri Pak Sudartono pun pasrah atas nasib dompetnya….

Ia tak tahu, dompet berisi dua buah HP, uang, kartu identitas, dan kartu ATM itu sempat jadi bahan rebutan para penumpang. Maklumlah, hari gini, siapa yang tidak ingin dapat dua HP dan uang gratis! Tetapi di dalam gerbong, untunglah ada petugas bernama Ujang Abdul Malik.

Dompet itu diamankan oleh Ujang, dan sesampai di stasiun Depoklama, diserahkan pada PT Sentinel (perusahaan yang bekerjasama dengan PT KAI dalam masalah kehilangan atau ketinggalan barang dalam kereta).

Pada Rabu pukul 18.30 WIB, Pak Sudartono ditelepon oleh petugas PT KAI bahwa dompet milik putrinya, lengkap dengan seluruh isinya, utuh, ditemukan petugas dan bisa diambil di kantor PT Sentinel, Stasiun Depok Lama. Bahkan ketika ditelepon oleh petugas PT KAI, Pak Sudartono belum tahu kasus kehilangan yang dialami putrinya, karena putrinya saat itu masih berada di kantor dan belum memberitahukan apa-apa pada dirinya!

Sebagai wujud rasa syukurnya, Pak Sudartono menulis surat pembaca di Harian Republika, Rabu (1/2/2012), yang saya kutip untuk tulisan pendek ini. Pak Sudartono mengucapkan terimakasih pada PT KAI, KA-574 jurusan Jakarta Depok.

Terutama kepada Pak Ujang, Pak Edi (komandan regu Stasiun Depok Lama), Pak Andi Bachtiar, Pak Musafak (supervisor), dan para petugas PT KAI yang membantu menyelamatkan dompet putrinya. Semoga Allah SWT membalas kejujuran dan kebaikan mereka semua. ***

Kita sadar dan melihat begitu banyak kejahatan, korupsi, dan kebusukan di negeri ini, yang jika dibiarkan merajalela akan membuat negeri ini hancur. Namun kita harus tetap berpikir optimistis dan positif, bahwa terbukti masih ada orang-orang jujur di sekitar kita.

Orang-orang seperti merekalah yang akan menjadi modal kita untuk survive sebagai bangsa, dan melakukan perbaikan di segala sektor kehidupan. Jangan pernah putus asa untuk berbuat kebaikan, karena Anda tidak sendirian!

Leave a comment